Facebook

SMS Sambil Berjalan Ganggu Memori


New York, 30 Jan (TAG) – Lazim diketahui bahwa “kesibukan” SMS atau MMS maupun berbicara di telepon seluler sambil berjalan bisa berbahaya. Kajian terbaru yang diterbitkan pekan lalu menemukan bahwa melakukan keduanya pada saat bersamaan sering mengganggu memori dan kiprah seseorang sehingga dapat menyebabkan kecelakaan.

Para ilmuwan Universitas Stony Brook di New York dalam penelitiannya menemukan bahwa memakai ponsel untuk berbicara atau SMS sambil berjalan dapat memperlambat 16 persen kecepatan seseorang berjalan dan mengganggu kiprahnya sekitar 61 persen.
Ini adalah kajian pertama yang fokus pada mekanisme dasar meletakkan satu kaki di depan saat menggunakan ponsel, sebagai penelitian tentang bahaya fisik tak terduga, seperti menabrak sesuatu atau masuk lubang.
Para ilmuwan meneliti 33 pria dan wanita berusia 20-an, semuanya memakai ponsel dan sering sibuk berSMS ria atau berbicara saat mereka berjalan.
Untuk mengetahui kemampuan berjalan, responden menyelesaikan tes awal. Setiap responden menunjukkan target pada lantai. Kemudian, menghalangi target dan lantai, mereka diperintahkan berjalan pada kecepatan yang wajar untuk target dan berhenti. Mereka mengulangi tes tersebut tiga kali. Setelah berjalan, waktu yang dibutuhkan dan posisi di mana setiap peserta berhenti diukur.
Responden kemudian kembali seminggu kemudian. Dengan visi menghalangi (lagi), kecuali kemampuan melihat ponsel, sepertiga menyelesaikan tugasnya sama persis, sepertiga lagi menyelesaikan tugas sambil berbicara di ponsel, dan sepertiga lainnya menyelesaikan tugas sambil sibuk SMS atau MMS.
"Kami terkejut menemukan bahwa berbicara dan SMS pada ponsel sangat mengganggu kiprah dan memori seseorang," kata Eric M. Lamberg, peneliti tersebut.
Hasil studi menunjukkan bahwa 33 persen kecepatan berjalan responden berkurang akibat SMS dan 16 persen berbicara di ponsel mereka. SMS juga mengakibatkan 61 persen peningkatan lateral deviasi sambil berjalan, yang menambah jarak tempuh berjalan.
"Mereka diminta berjalan garis lurus ke daerah tertentu. Mereka pikir mereka melakukan pekerjaan luar biasa sampai ke sana. Kenyataannya, mereka tak mampu ke sana," kata peneliti lain, Lisa Muratori. "Ini cukup mengejutkan seberapa jauh mereka berjalan, terutama saat sibuk berSMS."
Kendati kajian itu masih bersifat awal, mereka mencatat bahwa sejauh mana penggunaan ponsel mengubah kiprah seseorang di jalan, yang "bisa berdampak pada dunia nyata."
Lamberg menambahkan pengurangan yang signifikan dalam kecepatan dan kesulitan menunjukkan penggunaan ponsel dan SMS pasti berdampak pada memori kerja seseorang.
"Kami memakin temuan untuk membantu pasien meningkatkan terapi fisik berjalan fungsional yang benar dan membuat mereka sadar bahwa beberapa tugas dapat mempengaruhi kiprah mereka dan aspek tertentu dari daya ingat," kata Lamberg.[]
SMS Sambil Berjalan Ganggu Memori SMS Sambil Berjalan Ganggu Memori Reviewed by Nurdin Hasan on January 30, 2012 Rating: 5

No comments:

Ads

Powered by Blogger.